being naked…


entah mengapa sejak peristiwa itu terjadi aku selalu merasa gagal sebagai manusia, namun aku merasa semua buku yang aku baca, seribu langkah yang aku ayun, luas samudra yang aku arungi, banyak negeri yang aku singgahi ternyata hanya menyisahkan kebodohan dan kenaifanku sebagai manusia.

perihnya lagi, selalu saja aku masih merasa kurang ilmu, kurang bijak, kurang paham, kurang jujur, harusnya aku telanjangi diriku untuk mampu melihat dari segala penjuru diriku.

namun kebodohan tetaplah kebodohan, karena sebagai manusia aku tak lebih tak kurang harus terus belajar dari setiap kesalahan yang tentu saja adalah kebodohan sebagai manusia.

lantas bagaimana aku mampu menjadi manusia lebih baik dengan sesungguhnya. mungkin perlu menelanjangi diri sediri dari  setiap kesalahan, kesombongan dan keangkuhanku  dalam hidup.

telanjanglah dalam pikiran, dalam sikap juga dalam perkataan, hanya dengan begitu aku mampu melihat diriku utuh, as human, being naked adalah kembali menjadi bayi suci yang tak mengerti apapun kecuali kasih sang ibu.

dari sanalah semua berawal, a step forward to open the door of world, menjadi putih, hitam, abu-abu atau full colour dan itulah pilihan yang ditawarkan dunia padaku.

pilih mana, ambil yang mana, tinggalkan yang mana. itu pilihan…

#justinsany #justsharing

 

 

One thought on “being naked…

Leave a comment